Monopoly Indonesia

Mahathir Mohammad dan Anwar Ibrahim Akhirnya Berdamai

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad tiba-tiba saja muncul dalam pengadilan mantan Wakil PM Malaysia Anwar Ibrahim. Keduanya terlihat akur dan bersalaman.

Dilansir dari Asia Correspondent, Rabu (7/9), sejak 18 tahun terakhir keduanya merupakan mantan sekutu yang kemudian berubah jadi musuh. Dan jabat tangan yang mereka lakukan ini yang pertama kalinya sejak mereka 'bermusuhan'.

Pertemuan keduanya merupakan yang pertama kali sejak Anwar dipecat dari jabatan wakil PM pada 2 September 1998. Kala itu, Anwar dituduh melakukan penyalahgunaan kekuasaan dan terlibat sodomi.

Insiden itu terjadi ketika Mahathir masih berkuasa.

Pemecatan Anwar kala itu memicu desakan dilakukannya reformasi di Malaysia. Selain itu, dibentuk pula partai oposisi Partai Keadilan Rakyat (PKR).

Jabat tangan kedua tokoh politik Malaysia ini dianggap sebagai perubahan untuk politik Malaysia. Selama ini Mahathir menjadi terus mengkritik pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak, apalagi setelah kasus dugaan korupsi lembaga 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).

Mahathir datang dalam persidangan Anwar untuk memberi dukungan padanya yang mengajukan tuntutan terhadap pemerintah. Anwar sendiri dipenjara lima tahun atas sodomi kedua, dia hadir untuk melawan aturan National Security Council (NSC) Act 2016, yang dinilai sangat kuat.
Latest
Previous
Next Post »

Monopoly Indonesia